News Categories

Fungsi Gizi


Fungsi Gizi
Apa,ya, gizi itu? Gizi adalah zat yang dibutuhkan untuk tubuh. Di dalam tubuh, gizi memiliki 3 fungsi. Pertama,untuk sumber energi. Kedua,untuk pertubuhan dan pembangunan sel-sel jaringan tubuh. Ketiga,untuk mengatur proses metabolisme di dalam tubuh.

Zat-zat Gizi 
Zat-zat gizi diperkirakan ada 40 zat. Di ataranya, zat besi, fosfor, kalsium, dan sebagainya.Puluhan zat gizi itu dijadikan 6 kelompok zat gizi, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Gizi dalam Makanan 
Kamu mungkin sudah tahu, makanan-makanan yang mengandung keenam zat itu. Misalnya, karbohidrat terkandung beras, kentang, singkong, dan protein terkandung dalam tempe, telur, ikan, ayam, dan sebagainya. Lemak, ditemukan pada mentega, kacang-kacangan, daging,dan lainnya.Vitamin ada pada sayur dan buah-buahan. Nah, kalau minenal dan air, terkandung di sayur,buah-buahan, bahkan di daging, ikan, dan lainnya.

Kalau Kurang Gizi 
Apa akibatnya kalau kita kekurangan zat-zat gizi itu? Kita jadi mudah terserang penyakit atau kesehatan kita .Tubuh kita pun tidak bugar. Badan mudah lelah,lesu,dan wajah kita tidak ceria. Pertumbuhan kita juga jadi terganggu kalau kekurangan gizi. Misalnya, badan kita jadi sulit untuk tumbuh tinggi. Padahal, tinggi badan adalah salah satu tanda utama gizi yang baik pada anak seusia kita. Kekurangan gizi juga baik mengakibatkan kurangnya daya tangkap kita saat belajar. Kalau daya tangkap kita berkurang, prestasi kita bisa menurun.Waduh, ini berbahaya !


  • sumber: bobo-lita
published by at 5:11 AM
Description
: Fungsi Gizi
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Fungsi Gizi
Share Fungsi Gizi via

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.